Bootstrap

Apa itu Design Brief…?

Design Brief adalah penjelasan tertulis yang di berikan kepada desainer dengan menguraikan tujuan, sasaran dan tonggak proyek desain.

Design Brief yang menyeluruh dan komplit adalah bagian penting dari proses desain. Hal ini membantu mengembangkan kepercayaan dan pemahaman antara klien dan perancang dan berfungsi sebagai titik acuan penting bagi kedua belah pihak.

Selain itu, design brief memastikan bahwa desain adalah masalah penting yang harus di pertimbangkan dan di pertanyakan sebelum desainer mulai bekerja.


Cara Mudah Membuat Website

Jika anda menginginkan cara mudah membuat website kepada jasa pembuatan website seperti ReeZh Design, maka klien harus mempertimbangan untuk memberikan informasi yang seluas-luasnya tentang keinginan anda.


Design Brief berisi Profil Usaha

Mulailah menentukan desain Anda dengan sinopsis singkat dan jujur tentang organisasi atau perusahaan. Jangan mengambil sembarang informasi untuk di sampaikan, dan jangan menganggap bahwa perancang akan lebih tahu apa pun tentang sektor industri Anda.

Beri tahu desainer :

  • Apa kegiatan perusahaan Anda.
  • Berapa lama perusahaan Anda telah berdiri dan berapa banyak staf yang Anda pekerjakan.
  • Apa kata kunci dari market perusahaan Anda.
  • Bagaimana posisi perusahaan dengan sektor industri Anda.

Apa Tujuan Anda

Desain yang baik dapat memiliki pengaruh besar pada kesuksesan strategi pemasaran perusahaan, akan tetapi dalam rangka untuk kesuksesan harus memastikan sasaran yang jelas harus di tetapkan. Misalnya, apakah tujuan Anda ingin:

  • Menghasilkan penjualan meningkat untuk perusahaan Anda?
  • Mendorong pertanyaan langsung kepada perusahaan Anda?
  • Mendapatkan pelanggan buletin dari perusahaan Anda?
  • Mendapatkan informasi dari pengunjung atau audiens perusahaan Anda?
  • Mendorong mereka untuk memberi tahu seorang teman atau relasi mereka?

Jika tujuan dan sasaran Anda tidak jelas, maka Panduan Desain anda tidak akan mencapai tujuan yang diharapkan. Bagian terpenting dan bermanfaat adalah pikirkan terlebih dahulu dengan bantuan secangkir kopi atau minuman favorit anda dan memulai menulis Design Brief.

Diharapkan Anda dapat menyelaraskan pikiran dan keinginan serta membantu menemukan kekurangan dalam perusahaan Anda dan menjadikan ide yang brilian.


Menentukan Target Pengunjung Anda

Tentukan target pengunjung Utama, Kedua, dan Ketiga secara terperinci. Jelaskan jika perusahaan Anda menginginkan untuk konsolidasi klien yang telah ada atau mendapatkan calon klien baru untuk perusahaan Anda. Tentukan secara terperinci untuk demografi pengunjung perusahaan Anda, dan ini akan sangat banyak membantu bagi Perancang / Desainer. misalnya :

  • Pemilihan target sesuai Umur.
  • Pilihan target sesuai Jenis Kelamin.
  • Memisahkan target sesuai Penghasilan.
  • Pemilihan target sesuai Bidang Pekerjaan.
  • Memilah target sesuai Lokasi.
  • Pemilihan target sesuai Kata Kunci Pencarian khusus.

Design Brief berisi Sosial Media

Apakah Sosial Media akan sangat membantu untuk perusahaan Anda?Sosial media seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, Google+ adalah cara terbaik untuk mempromosikan dan menginformasikan perusahaan Anda. Tujuannya adalah kepada target pengunjung dan orang yang memiliki kepentingan yang sama.

Tambahkan informasi tentang Sosial Media yang perusahaan Anda gunakan dan berikan informasi selengkapnya. Seperti apakah perusahaan Anda memerlukan saran atau rekomendasi untuk integrasi akun sosial media anda ke materi marketing.


Design Brief berisi Anggaran dan Skala Waktu Pekerjaan

Walaupun anda hanya bisa menaksir biaya pekerjaan, Biaya Anggaran Anda akan bisa membantu bagi Perancang / Desainer untuk memberikan Ide Bagus dan memberikan Solusi Terbaik serealistis mungkin dan sesuai dengan yang bisa diberikan.

Skala waktu pekerjaan juga menentukan untuk dipertimbangkan, berikan target waktu pekerjaan untuk Perancang / Desainer agar mengetahui waktu yang spesifik untuk dikerjakan.


Konsultasikan dengan Rekan Kerja

Konsultasikan dengan banyak orang dan rekan kerja di perusahaan Anda sebelum mengirimkan Design Brief. Memperlihatkan Design Brief kepada beberapa orang akan mendapatkan pendapat yang berbeda-beda dalam melihat tujuan dan objektifitas dari cara orang orang memandang perusahaan Anda.

Menyimpulkan opini yang berbeda akan menghemat dalam mempertimbangkan waktu dan pengeluaran untuk projek Anda.


Design Brief Berisi Contoh Desain

Memberikan contoh atau referensi yang Anda anggap efektif atau desain yang relevan dapat sangat membantu dalam menulis Design Brief. Pastikan untuk menyertakan contoh materi marketing terbaru dari perusahaan Anda agar dapat menjelaskan kepada Perancang / Desainer tentang tujuan yang diinginkan pada Desain yang terbaru.

Jelaskan apa yang anda sukai dan tidak sukai pada Design Brief, seperti gaya desain, warna, serta hal-hal lainnya.

Jangan merasa bahwa Anda tetap pada media dan referensi yang Anda miliki saat merancang untuk memberikan daftar inspirasi dan ketertarikan. Jika iklan televisi atau video musik menciptakan suasana yang Anda ingin diterapkan pada desain yang Anda buat, maka itu adalah hal sempurna dan masuk akal untuk di terapkan pada Design Brief.

Semakin banyak petunjuk yang Anda berikan tentang selera desain Anda, semakin besar kemungkinan perancang akan mampu menghasilkan sesuatu yang mendekati tujuan Anda.

Mengharapkan desainer Anda untuk menebak-nebak apa yang Anda butuhkan jarang menghasilkan hasil terbaik.

Ingat bahwa desainer profesional tidak akan menyalin ide Anda kirimkan kepada mereka, tetapi Perancang / Desainer akan menggunakannya sebagai awal dari proses desain.

Design Brief