Bootstrap

Pengertian Web Hosting

Apabila anda bingung dengan pengertian Web Hosting, berikut adalah artikel yang bisa anda jadikan panduan untuk mengetahuinya.

Web Hosting adalah layanan online untuk menampilkan website atau aplikasi berbasis internet. Ketika anda memiliki sebuah website, maka tempat untuk menyimpan data dan pengelolaan data adalah sebuah server. Server tersebut akan memproses dan online setiap saat selama 24 jam dalam 365 hari.

Kenapa Website memerlukan Web Hosting

Hal yang terpenting dalam website adalah situs internet yang memiliki alamat dan tujuan yang akan terlihat oleh pengunjung internet. Agar website mendapatkan pengunjung, maka alamat IP Address harus tampil secara publik. Server memberikan alamat IP Address yang bisa anda akses melalui perangkat browser PC, Laptop dan Handphone.

Web Hosting Client Server Model

Mungkin anda ingin menjadikan personal komputer sebagai server website, tentu saja hal ini bisa anda lakukan dengan catatan server tersebut harus hidup dan aktif setiap hari dalam satu tahun. Akibatnya hal ini tentu akan menjadi kendala jika fasilitas, beban kerja, jaringan internet, stabilitas daya listrik dan biaya operasional tidak memungkinkan untuk mengaktifkan server setiap waktu.

Alternatif lainnya adalah menggunakan jasa penyewaan hosting untuk sewa fasilitas server tempat penyimpanan data website anda.

Hal yang terpenting, biaya akan lebih murah jika berbanding dengan memiliki personal komputer sebagai server. Oleh sebab itu, daripada anda menjadikan PC sebagai server internet, dengan menggunakan jasa web hosting status website anda terjamin aktif setiap waktu dengan pengelolaan profesional dari penyedia layanan.

Memilih Jasa Layanan Web Hosting

Dalam memilih jasa layanan web hosting, anda perlu mengetahui apa saja yang akan di perlukan oleh website atau aplikasi.

1. Ketahui tipe hosting yang anda perlukan

Sebaiknya anda mengetahui tipe hosting yang anda perlukan untuk tempat website nanti. Banyak pilihan yang bisa anda dapatkan dari setiap penyedia jasa layanan hosting.

Berikut adalah tipe hosting yang perlu anda ketahui :

Shared Hosting

Pada shared hosting, beberapa customer dan website akan berada dalam satu server. Oleh karena itu layanan ini cocok untuk perusahaan kecil dan menengah untuk menyimpan website. Selain murah, ini adalah langkah awal ketika anda membuat website yang tidak membutuhkan banyak fasilitas. Shared Hosting cocok untuk website dengan traffic pengunjung kecil dan sedang ( rata-rata 25.000 kunjungan per bulan ).

VPS Hosting

VPS atau Virtual Private Server adalah sebuah server yang terbagi menjadi beberapa server virtual. Artinya masih seperti Shared Hosting namun memiliki sumber daya lebih besar, setiap VPS memiliki sistem operasi dan perangkat lunak mandiri. Setiap provider biasanya memberikan kebebasan untuk mengelola sendiri vps anda atau menggunakan layanan manajemen yang mereka tawarkan.

Dedicated Hosting

Kebalikan dari shared, tipe dedicated hosting memiliki keunggulan tidak membagikan server anda dengan yang lain. Artinya dalam satu server secara utuh hanya anda yang berhak mengelola sumber daya server yang ada. Pertimbangan memilih tipe ini ketika website membutuhkan banyaknya pengunjung dengan di-support oleh performa server secara maksimal.

2. Menentukan jenis website anda

Ketika anda berniat untuk membuat sebuah website, alangkah lebih baik menentukan jenis website yang anda butuhkan. Hal ini perlu untuk efektifitas dari kebutuhan, apakah memerlukan jenis website yang bisa anda kelola sendiri atau hanya sekedar profil landing page yang tidak membutuhkan banyak fasilitas. Konsultasikan dengan jasa pembuatan website anda terlebih dahulu.

3. Memerlukan fitur dan sumber daya apa yang di butuhkan?

Jika anda mempertimbangkan dalam fitur dan sumber daya hosting, maka yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Kapasitas Penyimpanan Data – pastikan anda memiliki tempat penyimpan data yang sesuai dengan kebutuhan, Unlimited adalah sebuah pilihan jika memerlukan penyimpanan yang besar.
  2. Bandwidth – kapasitas data yang dapat di transfer antara website, pengunjung dan server. Sekali lagi, Unlimited adalah pilihan yang diperlukan jika tidak ingin bermasalah dengan kenampakan website.
  3. Uptime – bisa dikatakan dengan seberapa tinggi indikasi waktu server melayani website anda. 99,95% Uptime adalah indikasi bahwa penyedia layanan memiliki garansi website anda tidak akan down.
  4. Update – yang bisa dikatakan sebagai kebutuhan untuk aplikasi dari server yang selalu memperbarui sesuai perkembangan. Semakin cepat update dan mengikuti perkembangan maka akan menjamin website dalam keterbaruan aplikasi yang dibutuhkan.
  5. Support – ketika anda membutuhkan solusi yang terbaik, cepat, ramah, dan profesional maka mempertimbangkan support dari penyedia layanan adalah sebuah pilihan.
  6. Payment – pembayaran yang sesuai dengan layanan, tepat waktu, ada pemberitahuan diawal, multi payment dan tidak terlalu mengganggu timeline email anda.

4. Mengetahui perbedaan biaya yang di tawarkan

Sebagai pemilik sebuah website, tentunya akan mempertimbangkan dimana layanan terbaik dalam penyedia layanan web hosting yang anda butuhkan?

10 Penyedia Layanan Web Hosting Terbaik Indonesia

  1. Niagahoster
  2. DomaiNesia
  3. Dapur Hosting
  4. Ard Hosting
  5. QWords
  6. IndoWebsite
  7. Dracoola Multimedia
  8. ArdetaMedia
  9. Jetorbit
  10. Warna Host

10 Penyedia Layanan Web Hosting Terbaik Luar Negeri

Daftar yang tercantum di atas hanyalah sebagai referensi dalam memilih jasa layanan hosting yang bisa anda pilih.

5. Pastikan bisa berpindah layanan di masa akan datang

Yang perlu anda catat ketika akan memiliki tempat hosting, hal utama yang perlu anda lakukan jika mengetahui apa yang penyedia layanan tawarkan. Lebih daripada itu, pastikan anda bisa melakukan proses upgrade dan downgrade.

Pastikan juga anda bisa mendapatkan kemudahan untuk berpindah ke pihak layanan lainnya. Karena hal ini akan penting apabila fasilitas yang anda inginkan tidak tersedia.

Jangan lakukan proses perpindahan hosting pada waktu periode masa sewa anda habis. Usahakan untuk melakukan perpindahan 1 atau 2 bulan sebelum masa berakhir.

Penutup

Demikian pengertian web hosting yang perlu anda ketahui, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk anda dalam mewujudkan website yang anda inginkan.

Pengertian Web Hosting dalam Pembuatan Website

Tinggalkan Balasan