5 Karakteristik Nama Domain Terbaik • ReeZh Design

Dalam ilmu desain web dan pembuatan website, desain yang mencolok dan antarmuka yang menarik saja tidak menjamin kesuksesan situs web Anda. Akan tetapi yang paling baik untuk dapat di capai adalah dengan nama domain yang hebat, yang merupakan landasan situs web Anda. Dalam hal ini, nama domain harus di pikirkan dengan baik dan memiliki sebagian besar atau semua dari 5 karakteristik utama yang akan di bahas dalam artikel ini.

Apa 5 Karakteristik Nama Domain yang Baik

1. Singkat dan Gampang Diingat

Karakteristik pertama, meskipun tidak ada jumlah pasti huruf yang harus di miliki oleh domain sangat penting untuk membuatnya sesingkat mungkin. Sebagian besar memiliki tiga dan empat huruf sudah di ambil dan saat ini, lima huruf juga menghilang cukup cepat. Idealnya, pilih nama dengan kurang dari sepuluh karakter, tetapi memiliki domain dengan lebih dari dua karakter bukanlah ide yang bijak. Pada kata-kata, mereka yang memiliki satu atau dua kata bagus, mereka yang memiliki tiga entah bagaimana rata-rata tetapi adalah ide yang buruk untuk membeli nama domain dengan empat kata atau lebih.

2. Memiliki ekstensi .com

Ekstensi nama domain sangat penting. Ekstensi yang paling umum dan paling di sukai adalah .com (baca: dotkom). Kecuali jika situs web Anda di tujukan untuk organisasi atau perusahaan yang memiliki fokus utama pada lokasi geografis tertentu, .org, .id, .co.id, dan ekstensi terkait tidak di sarankan. Banyak tautan organik dan mesin pencari biasanya mengetik nama plus ekstensi .com dan jarang mengikuti URL. Meskipun ada banyak situs web.net yang berkinerja baik di web, .com masih merupakan ekstensi terbaik untuk digunakan.

3. Hindari tanda hubung dan numerik

Saat berbelanja untuk nama domain, Anda mungkin memperhatikan bahwa nama yang mengandung tanda hubung dan angka relatif lebih murah. Ini karena mereka menderita masalah yang sama seperti yang tidak memiliki ekstensi a.com. Angka dan tanda hubung mempersulit pengguna web untuk mengetik alamat web dengan tepat dan kemungkinan salah eja.

4. Deskriptif dan Branding

Karena sebagian besar pengguna cenderung di rujuk ke situs Anda melalui bantuan mesin pencari, sangat di sarankan, domain Anda harus se-deskriptif mungkin. Nama domain yang menarik cenderung menarik pengguna daripada yang kurang deskriptif. Pada branding, pengguna harus dengan mudah mengaitkan konten situs web serta produk dan layanan dengan domain name.

5. Gampang Diingat dan Diucapkan

Hanya karena penamaan domain pendek tidak membuatnya bagus karena sulit untuk diingat. Anda harus mencatat bahwa banyak peselancar internet tidak menggunakan bookmark dan memiliki nama domain yang rumit kemungkinan akan membuat Anda kehilangan pengunjung karena persaingan. Pengguna harus dapat mengingat domain dengan mudah untuk kunjungan kembali, serta mengejanya dengan tepat. Penamaan domain seperti Phhrst.com meskipun pendek, sangat kecil kemungkinannya seseorang akan mengingatnya karena ejaannya mungkin agak rumit. Selain itu, hentikan penggunaan nama dalam bahasa asing betapapun uniknya untuk menghindari kesalahan ejaan.

Apa itu Domain?

Bagi Anda yang sudah berkecimpung dalam dunia internet tentunya hal ini sudah tidak awam lagi. Tapi bagi yang belum mengetahui, berikut penjelasan singkatnya. Nama domain adalah teks yang dipetakan ke alamat IP numerik, yang di gunakan untuk mengakses situs web dari perangkat lunak pengguna. Singkatnya, nama domain adalah teks yang di ketik pengguna ke jendela browser untuk melihat situs web. Misalnya, domain untuk ReeZh Design adalah ‘reezhdesign.com’.

Alamat sebuah website aslinya berupa urutan numerik alamat IP (contoh: 123.345.23.012) yang hanya bisa diketahui oleh perangkat. Demi untuk ramah bagi manusia, dengan menggunakan DNS alamat IP tersebut bisa diterjemahkan menjadi teks yang bisa dibaca dan diingat pengguna.

Domain Name System

DNS atau Domain Name System adalah buku telepon nya internet. Anda dan yang lainnya mengakses informasi secara online melalui namadomain, seperti google.com atau facebook.com. ketika web browser berinteraksi melalui alamat Internet Protocol (IP). DNS menerjemahkan namadomain ke alamat IP sehingga browser dapat memuat sumber daya Internet.

Setiap perangkat yang terhubung ke Internet memiliki alamat IP unik yang digunakan mesin lain untuk menemukan perangkat. Server DNS menghilangkan kebutuhan manusia untuk mengingat alamat IP seperti 192.168.1.1 (dalam IPv4), atau alamat IP alfanumerik baru yang lebih kompleks seperti 2400:cb00:2048:1::c629:d7a2 (dalam IPv6).

Top Level Domain

Yang dimaksud dengan top level domain adalah akhiran dari penamaan sebuah domain.

Statistik nama domain terbaik

Mencari Nama Domain

Dimana Anda bisa mencari nama domain yang masih bisa di gunakan? tentunya hal ini perlu Anda ketahui juga untuk menentukan nama website yang di inginkan. Anda bisa menemukan melalui website ‘whois’ yang bisa mengetahui nama apakah masih tersedia atau tidak.

Penutup

Semakin lama Anda menunda kepemilikan namadomain yang sesuai dengan karakteristik terbaik, maka Anda akan sulit untuk menemukan namadomain terbaik untuk Anda miliki. Silahkan hubungi ReeZh Design untuk mendapatkan informasi lengkap, baik itu pendaftaran nama domain atau jasa pembuatan website yang Anda inginkan.

Hubungi Kami

Jadwalkan Kunjungan Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.