Bootstrap

Cek Optimasi Website Skor 100

Apakah mungkin optimasi website skor 100 pada pemeriksaan menggunakan Lighthouse?, bisa saja. Akan tetapi hal ini bergantung dari website yang di miliki. Bisakah website yang ada saat ini mencapai skor tersebut? berikut adalah penjelasannya.

Saat ini, sebuah situs internet harus menerapkan seo friendly dengan cara mengoptimalkan website. Dengan website yang optimal, hal ini akan menyebabkan potensi munculnya setiap halaman di indeks pencarian.

Optimasi Website Skor 100 Firefox Lighthouse

Optimasi Website On-Page untuk Skor 100%

Yang di maksud dengan optimalisasi website on-page adalah peningkatan secara internal. Baik itu menurut performa, aksesibilitas, praktikal, dan SEO. Banyak faktor yang berpengaruh dalam website on-page agar memiliki skor 100 atau mendekati. Antara lain :

  • Pemilihan Hosting
  • Fasilitas Terupdate
  • Penyimpanan Cache
  • Manajemen Konten
  • Tema Website
  • Plugin Aktif
  • Kompresi
  • External Resources
  • Menggunakan CDN

Pemilihan Hosting

Pada saat memilih hosting pastikan sudah memiliki fasilitas yang memadai untuk optimasi website. Penyedia jasa hosting biasanya menawarkan fasilitas tersebut bergantung dari paket yang di tawarkan. Pilihlah penyedia jasa paket hosting yang menawarkan kecepatan akses, uptime, dan fasilitas yang menunjang untuk kecepatan akses website.

Fasilitas Website Terupdate

Dengan memiliki hosting yang selalu memiliki fasilitas terupdate, anda tidak perlu lagi khawatif dengan performa. Hal ini akan memudahkan anda mencapai tujuan untuk memiliki website yang optimal.

Penyimpanan Cache

Hosting yang memiliki fasilitas Cache dalam menyimpan data sementara, akan memudahkan pengunjung website tidak terlalu lama mengakses sebuah halaman. Halaman akan di load melalui cache, tanpa harus melalui pemrosesan banyak fungsi.

Memilih Platform

Pengertian dari Platform / Manajemen Konten Website adalah program yang terinstall pada hosting yang menawarkan pengelolaan website. Pilihlah manajemen konten yang tidak banyak melakukan proses pekerjaan, karena semakin sedikit proses yang di lakukan akan berdampak dalam tampilan.

Memilih Tema Website

Desain tampilan atau tema website adalah pertimbangan lainnya dalam website optimal. Faktanya desain website yang mengutamakan kecepatan akses, tentu akan menjadi keunggulan tersendiri dalam optimalisasi sebuah website.

Mengurangi Plugin Aktif

Jika anda menggunakan manajemen konten WordPress, pasti memerlukan berbagai ekstensi / plugin yang aktif. Biasanya plugin berguna untuk penampilan, kompatibilitas ataupun untuk interface dengan pengiriman email. Tentunya menggunakan banyak plugin yang aktif, hal ini akan memakan banyak waktu untuk prosesing data sampai halaman website tampil. Kurangi plugin yang tidak perlu adalah sebuah keharusan untuk performa kecepatan website.

Melakukan Kompresi agar Website Optimal

Berkas gambar, css, js dan html yang telah di kompresi akan mempersingkat proses loading. Hal ini menyebabkan karena sudah di mampatkan secara maksimal agar ukuran berkas menjadi kecil dan mampat.

External Resources

Penggunaaan sumber daya dari luar tentunya sangat menunjang dalam pembagian prosesing dan tempat sumber daya yang anda gunakan. Akan tetapi, terlalu banyak menggunakan sumber daya luar juga akan mempengaruhi performa website itu sendiri. External Resources sering muncul dan terdapat pada tema website atau template premium yang banyak di jual. Alangkah lebih bijak jika memilih tema yang tidak menggunakan sumber daya luar yang banyak.

Menggunakan CDN

CDN atau Content Delivery Network adalah kumpulan server global yang terletak di data center terdekat dengan lokasi anda. Hal ini sangat berguna untuk mempercepat loading website. CDN memastikan data statis yang terdapat pada website dapat cepat di akses tanpa melakukan proses loading di server. Data statis anda sudah tersimpan di data center terdekat dari pengunjung website, sehingga hanya memanggil proses yang di perlukan saja.

Optimasi Website dalam Pemeriksaan Situs Internet Aktif

Memeriksa website agar bisa optimal dalam performa, struktur, seo dan mobile friendly adalah keharusan. Hal ini bisa menggunakan perangkat tool dari browser atau memeriksa langsung secara live.

Jenis Pemeriksaan Kecepatan Website

Untuk pemeriksaan kecepatan website bisa di lakukan langsung secara online melalui website seperti GTMetrix, Pingdom, Pagespeed Insights dan lainnya. Namun kali ini kita berbicara dengan menggunakan fasilitas Lighthouse yang sudah tertanam pada browser Chrome terbaru. Pemeriksaan bagi pengguna browser Firefox bisa menambahkan ekstensi Lighthouse yang tersedia.

Menggunakan Lighthouse?

Untuk mengetahui website sudah teroptimasi atau tidak, hal ini memerlukan perangkat yang bisa memeriksa situs internet anda. Saat ini, kita akan membahas dalam penggunaan perangkat Lighthouse pada browser Chrome atau Firefox.

Apa itu Lighthouse?

Perangkat Lighthouse adalah alat bantu sumber terbuka otomatis yang berguna untuk memeriksa website anda. Perangkat ini akan melakukan pengujuan dari url website, serta melaporkan hasil analisa serta teknik pemecahan masalah. Hasil dari analisa akan membantu pihak developer atau pemilik website faktor apa saja yang harus di perbaiki agar website optimal.

Optimal pada Browser Chrome dan Lighthouse

Pada browser Chrome versi 52 keatas memiliki perangkat ini, untuk mengaktifkan perangkat bisa melakukan proses buka browser baru dengan mode Incognito atau Samaran. Pembukaan browser dalam mode tersebut bisa dengan menekan tombol keyword ctrl + shift + n. Proses ini akan membuka browser baru, masukan alamat url yang akan di analisa.

Setelah website tampil, lakukan pembukaan perangkat inspeksi dengan menekan tombol ctrl + shift + i.

Optimal pada Browser Firefox dan Lighthouse

Browser Firefox sedikit berbeda karena harus melakukan instalasi Addons tambahan Lighthouse. Pastikan juga menggunakan browser dalam mode Private Window. Exstensi tambahan selain Lighthouse harap non aktifkan sementara agar tidak mengganggu pemeriksaan website.

Lakukan pemeriksaan dengan terlebih dahulu mengisi alamat url website. Tekan ikon gambar Lighthouse dan lihat apa hasil analisa dari status website anda.

Baca juga : Belajar SEO WordPress Pemula

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah untuk mencapai optimasi website dengan skor 100 menggunakan perangkat Lighthouse anda bisa mengetahui seberapa baik web yang di miliki. Apa yang harus di lakukan untuk memperbaikinya, dan tentunya menjembatani pengunjung website agar betah dalam berselancar membaca informasi yang di tawarkan.

Optimasi Website Skor 100 Pada Lighthouse

Tinggalkan Balasan