Konten Kreator Profesi Menjanjikan Anak Muda Sekarang

Anak muda jaman sekarang sudah pandai memilih profesi pekerjaan yang menghasilkan, salah satunya adalah konten kreator. Profesi menjanjikan dengan skill yang bisa di tempuh secara formal ataupun informal. Kenapa anak muda banyak yang tertarik dengan profesi tersebut, silahkan simak penjelasannya pada artikel di bawah ini.

Apa itu Konten Kreator?

Pembuat konten yang menghasilkan materi menghibur atau mendidik yang memenuhi minat dan tantangan audiensi target disebut Konten Kreator (content creator). Konten yang dia hasilkan bisa bermacam-macam, bisa posting blog, video, ebook, foto, dan infografis.

Saat ini, pelaku bisnis mempekerjakan content creator untuk mendapatkan pelanggan baru dan yang sudah ada dengan endorsment nama merek atau mempekerjakan langsung.

Konten Kreator

Profesi Konten Kreator

Mari kita lihat berbagai pilihan dan opsi untuk profesi konten kreator :

  • Penulis konten
  • Grafis desainer
  • Fotografer
  • Videografer
  • Influencer
  • Manajer Sosial Media

Keahlian menjadi Konten Kreator

Selain kreatif dan disiplin, ada keterampilan yang harus di pelajari untuk keahlian menjadi pembuat konten yang sukses.

Penulis Konten – apakah Anda dapat menulis konten yang sesuai dengan web? dari copywriting hingga blogging, cara terbaik untuk menjadi penulis adalah dengan berlatih!

Desain Grafis – keahlian mengoperasikan komputer dengan di tambahkan oleh jiwa seni yang baik akan sangat di butuhkan menjadi content creator.

Konten Video – anda bisa membuat video viral dan menarik? kemampuan ini tidak banyak orang yang memiliki karena butuh kesabaran. Setelah itu membuat rekaman filem yang luar biasa dan mengeditnya. Jika mampu melakukan hal ini, mampu membuat konten video yang bagus baik itu film atau vlog anda adalah kandidatnya.

Sosial Media – Memahami sosial media dan bagaimana fungsi dan algoritme di platform dan mampu membuat konten yang menarik tidak semudah kedengarannya!. Selain pintar dalam berkomunikasi baik secara verbal atau visual grafis akan mendapatkan keuntungan terhubung dengan orang – orang yang menyukai hasil kerja anda. Menguasai berbagai macam platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube dan lainnya adalah faktor yang menentukan.

SEO – Jika Anda dapat membuat konten yang ramah SEO (Search Engine Optimization) itu akan menjadi nilai tambah yang besar. Kenampakan anda sebagai seorang yang berkualitas akan di tentukan juga oleh mesin pencarian.

Manajemen Media Sosial – Penguasaan semua lini platform dan berbeda – beda dapat menjadi kunci untuk calon pengunjung yang di arahkan ke situs web yang di miliki.

Tugas seorang Konten Kreator

Tugas pembuat konten (content creator) bertanggung jawab untuk memunculkan ide konten baru dan melihatnya dari awal mula konsep hingga produk akhir. Ada banyak platform digital yang di gunakan pembuat konten, setiap platform akan berbeda dalam kebutuhan, jenis media, dan perlakuannya.

platform sosial media

Blogger dan penulis akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk meneliti sebelum menulis konten mereka. Ini dapat mencakup melihat konten serupa secara online, mengumpulkan statistik atau produk untuk referensi dalam postingan, atau mewawancarai pakar untuk mendapatkan penawaran. Bergantung pada seberapa terlibat merek yang di inginkan pencipta, pekerjaan mungkin hanya melibatkan penulisan bagian awal; untuk orang lain, mengedit dan memposting di blog perusahaan atau akun Medium juga dapat menjadi bagian dari kontrak.

Pembuatan konten tertulis bukan hanya tentang bentuk panjang, potongan gaya blog. Bahkan pembuat media sosial mengerjakan konten tertulis dalam bentuk teks untuk posting, iklan digital, dan video mereka untuk mendukung visual apa pun yang di bagikan.

Konten video juga merupakan media yang sangat populer. Jika pembuatan konten adalah karier yang ingin Anda jelajahi, mempelajari cara menjadi pembuat konten YouTube secara khusus adalah pilihan yang sangat baik untuk membangun karier yang menguntungkan. Videografer menghabiskan banyak waktu mereka untuk merencanakan syuting video, mulai dari meneliti aktor dan lokasi hingga membuat storyboard dan skrip. Faktanya, sebagian besar pekerjaan mereka terjadi sebelum dan sesudah pemotretan itu sendiri, karena pengeditan bisa memakan waktu yang sama dengan proses perencanaan.

Bagaimana menjadi Konten Kreator

Sebagai seorang yang akan menjadi konten kreator, anda di haruskan untuk :

  • Menetapkan Siapa Anda
  • Mempelajari Audiensi Anda
  • Membuat Konten Secara Teratur
  • Update Informasi
  • Bangun Jaringan
  • Kurasi Konten
  • Pahami KPI
  • Jangan Hanya Komentar, Tawarkan Solusi
  • Pertanyakan Semuanya

baca juga : 70 Ide Konten Sosial Media

Menetapkan Siapa Anda

Pemeriksaan realitas cepat: Anda bukan satu-satunya pembuat konten di industri Anda. Itu berarti Anda bukan satu-satunya yang menawarkan saran, pengamatan, dan kepemimpinan pemikiran yang diminta oleh industri Anda. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menonjol dari pembuat konten lain di bidang Anda: diversifikasi ke media konten baru, mempromosikan konten Anda di saluran yang berbeda, dan secara alami mendapatkan pengalaman dan kepercayaan dari waktu ke waktu. Namun meskipun demikian, para produsen konten yang bersaing untuk mendapatkan perhatian Anda juga melakukan hal yang sama.

Apa yang dapat Anda bawa ke konten Anda, yang tidak dapat di lakukan orang lain, adalah suara pribadi Anda sendiri.

Pembaca mengklik konten Anda untuk mendapatkan informasi, tetapi mereka kembali untuk kepribadian. Menulis tentang keamanan siber? Jangan hanya menawarkan wawasan baru tentang malware saat ini; menawarkan analogi dan kisah pribadi tentang pelanggaran data yang membenarkan wawasan Anda dan yang hanya dapat Anda tawarkan. Merek yang Anda tulis mungkin membatasi Anda dari konten yang berpendirian atau terlalu informal, tetapi itu tidak berarti Anda tidak dapat menikmati perspektif unik yang mengilhami Anda untuk bergabung dengan bisnis ini sejak awal.

Pelajari cara memadukan pedoman konten perusahaan Anda dengan kreativitas Anda sendiri, dan Anda akan menjadi pembuat konten yang jauh lebih berharga dalam jangka panjang.

Mempelajari Audiensi Anda

Seorang profesional kreatif seperti anda akan di tentukan oleh audiensi, itu sudah mutlak dan tidak perlu ditawar. Selain itu kebutuhan audiens juga dapat melemahkan kreativitas, hal yang perlu diingat sebelum dan sesudah anda terjun ke profesi ini. Sisi baiknya, anda memiliki penghasilan karena faktor mereka. Dan jika Anda mempelajari audiens Anda cukup dalam, Anda akan menemukan minat dan peluang kreatif yang tidak akan Anda temukan tanpa mereka.

Kualitas ketiga dari semua pembuat konten yang sukses: Mereka mengenal audiens mereka luar dan dalam. Periksa pembaca dan pemirsa Anda sendiri: Apa yang mereka inginkan yang belum Anda berikan kepada mereka? Masalah apa yang mereka miliki yang dapat Anda pecahkan untuk mereka? Berikut adalah beberapa karakteristik lain dari audiens Anda yang dapat Anda identifikasi untuk diri sendiri atau untuk atasan Anda:

  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Lokasi
  • Ukuran keluarga
  • Judul pekerjaan
  • Gaji
Waktu Terbaik Publikasi Artikel Sosial Media

Membuat Konten Secara Teratur

Terapkan perilaku ini dengan membuat konten secara teratur, atau anda akan menghadapi konsekuensi tidak mendapatkan audiensi atau kehilangan. Pembuat konten yang sukses memahami pentingnya terus-menerus melenturkan otot tulisan mereka. Melakukan hal itu membantu mereka bekerja melalui ide-ide yang mungkin bercampur aduk di kepala mereka dan mengidentifikasi nugget yang bisa berubah menjadi ide yang terwujud sepenuhnya nanti. Pembuat konten yang sukses mungkin tidak selalu terinspirasi untuk menulis, tetapi mereka tahu sesuatu yang menginspirasi bisa datang dari tulisan mereka.

Biasakan menulis dengan melakukannya setiap hari atau setiap hari. Saya tidak mengatakan Anda perlu menulis esai 1500 kata yang di poles tentang topik yang relevan dengan industri setiap hari. Sebaliknya, saya sedang berbicara tentang menyisihkan 10 atau 15 menit untuk menuliskan beberapa pemikiran dan ide. Cari tahu kapan pikiran Anda paling jernih — bagi kebanyakan orang, itu setelah atau selama secangkir kopi — dan hanya menulis bentuk bebas. Apa yang Anda baca kemarin yang melekat pada Anda? Apa yang tidak kamu mengerti? Menanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan itu harus memulai arus.

Update Informasi

Membuat konten hebat yang benar-benar sesuai dengan audiens target Anda mengharuskan Anda mengetahui apa yang terjadi di industri Anda. Dan pembuat konten terbaik menjelajahi — tidak hanya membaca, tetapi juga menjelajahi — internet untuk berita dan tren industri. Ini mempersiapkan mereka dengan baik untuk memahami konteks di balik apa yang terjadi secara historis di industri mereka dan bagaimana hal itu membentuk pola pikir audiens target mereka saat ini.

Biasakan membaca dengan meletakkan semua yang Anda baca di satu tempat. Anda dapat mengatur umpan RSS dengan aplikasi seperti Feedly untuk blog yang Anda tahu berisi berita industri yang relevan. Juga, tanyakan beberapa rekan apa yang mereka baca hari ini dan ikuti. Temukan di mana persona pembeli Anda menghabiskan waktu online dan temukan juga blog tersebut. Menjelang pertandingan dan sudah memiliki beberapa favorit? Tambahkan mereka ke daftar.

Bangun Jaringan Setiap Saat

Pembuat konten yang sukses tahu bahwa kesuksesan mereka tidak hanya karena hasrat mereka, tetapi juga karena mereka yang mengajari, menginspirasi, dan mendorong untuk berpikir dengan cara yang berbeda.

Ini adalah salah satu cara pembuat konten tumbuh menjadi pembuat konten yang sukses. Mereka telah menerima kenyataan bahwa ada lebih banyak yang harus dipelajari daripada apa yang sudah mereka ketahui, dan mereka terbuka untuk cara berpikir yang baru. Jaringan memaksa Anda untuk melakukan hal itu. Inilah saatnya untuk mendengarkan ide orang lain dan mempertimbangkannya bersama ide Anda sendiri.

Biasakan berjejaring dengan memanfaatkan peluang yang tak terhitung jumlahnya yang Anda miliki untuk melakukannya. Mereka tidak disebut jejaring sosial tanpa alasan! Luangkan waktu di Twitter, Facebook, dan LinkedIn untuk melihat siapa pemimpin pemikiran di industri Anda dan ikuti mereka.

Setelah Anda melakukannya, Anda dapat dengan mudah masuk ke jaringan pribadi. Jika Anda bukan ekstrovert alami, pemikiran tentang jaringan dapat membuat Anda merasa ngeri. Permudah diri Anda dan mulailah dari yang kecil dengan rekan kerja. Anda sudah memiliki kesamaan, jadi memulai percakapan di dapur atau di meja Anda seharusnya tidak terlalu menakutkan.

Kurasi Konten Orang Lain

Tidak ada kekurangan orang yang membuat konten akhir-akhir ini. Faktanya, siapa pun di internet dapat mengambil konten orang lain dan me-retweet-nya, membagikannya di Facebook, menyematkannya — daftarnya terus berlanjut. Tetapi pembuat konten yang sukses tahu itu tidak cukup untuk mengambil berita industri yang relevan dan melontarkan kembali ke penggemar dan pengikut Anda.

“Anda juga harus memposisikan diri Anda sebagai seorang ahli dan benar-benar berinteraksi dengan komunitas Anda,” kata Guy Kawasaki, penulis buku terlaris New York Times. Berbagi konten saja tidak cukup. Terlibat dengan konten yang Anda bagikan sekarang menjadikannya unik bagi Anda.

Biasakan membuat konten saat Anda memiliki sesuatu yang berharga untuk ditambahkan. Sekarang setelah Anda mulai menjelajahi internet secara teratur untuk berita industri. Anda mungkin memiliki kedalaman pengetahuan yang lebih luas daripada yang Anda pikirkan. Jadi percaya diri, dan berikan pembaca Anda informasi tambahan yang berguna atau bahkan pemikiran atau pendapat saat membagikan konten orang lain. Jaringan Anda akan menghargainya, dan penulisnya mungkin juga (atau setidaknya bisa memicu perdebatan — bonus)

Pahami KPI Anda

KPI (Key Performance Indicator) atau nilai terukur seberapa efektif usaha mencapai tujuan. Internet adalah tempat yang besar (jelas). Faktanya, aman untuk mengatakan bahwa konten Anda terlalu besar untuk ditemukan oleh audiens Anda sendiri. Pada tahun 2018, 61% profesional menyatakan bahwa menghasilkan lalu lintas dan prospek adalah tantangan pemasaran utama mereka.

Hanya karena Anda mempublikasikan konten secara online tidak berarti Anda akan mendapatkan lalu lintas yang layak untuk wawasan Anda. Agar konten Anda ditemukan, pertama-tama Anda harus fokus pada indikator kinerja utama (KPI), dan mengoptimalkan konten Anda untuk itu. KPI adalah metrik spesifik yang Anda pilih untuk mengukur seberapa baik kinerja konten Anda dibandingkan dengan harapan Anda. KPI modern meliputi:

  • Jalur Media Sosial, jumlah pengunjung yang datang ke konten Anda dari posting media sosial.
  • Kunjungan Langsung, jumlah pengunjung yang datang ke konten Anda dengan memasukkan URL situs web Anda langsung ke bilah alamat browser mereka.
  • Kunjungan Organik, jumlah pengunjung yang datang ke konten Anda dari tautan hasil mesin pencari.
  • Pengajuan, jumlah orang yang mengunjungi situs web Anda dan pergi setelah mengirimkan informasi kontak mereka dengan imbalan sumber daya yang Anda tawarkan kepada mereka (suatu bentuk pembuatan prospek).

Jika Anda atau atasan Anda memilih untuk fokus pada lalu lintas organik, misalnya, ada baiknya untuk mempelajari algoritme pencarian Google untuk mengetahui bagaimana peringkat konten. Kemudian, optimalkan konten Anda agar berkinerja baik di bawah KPI lalu lintas organik. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki tentang KPI yang tersedia untuk pembuat konten sekarang, semakin sukses Anda sebagai pemasar.

Jangan Hanya Komentar, Tawarkan Solusi

Saat Anda baru memulai sebagai pembuat konten, Anda mungkin sudah memiliki pengetahuan yang dicari pasar Anda. Namun, bagi pembuat konten yang sukses, keahlian bukanlah segalanya.

Ingin audiens Anda mengingat konten Anda? Jangan hanya melafalkan hal-hal yang Anda ketahui — jelaskan mengapa itu penting dan apa yang dapat diambil oleh audiens Anda darinya. Orang-orang yang mengonsumsi konten Anda tidak tertarik hanya mendengar Anda berbicara. Mereka datang untuk memenuhi kebutuhan spesifik. Apakah kebutuhan tersebut untuk memecahkan masalah untuk sekadar meningkatkan kepercayaan mereka pada industri Anda, tugas Anda adalah menempatkan pengamatan pasar Anda ke dalam istilah yang dapat mereka pahami dan temukan pelajarannya.

Ide Konten Artikel Media Sosial

Pertanyakan Semuanya

Pembuat konten yang dipoles pada dasarnya ingin tahu. Mereka telah belajar untuk ingin tahu tentang pengetahuan internal yang telah mereka miliki dan informasi eksternal yang sedang dipromosikan di dunia. Wawasan yang berasal dari rasa ingin tahu yang melekat inilah yang membuat konten hebat.

“Anda harus penasaran untuk mengidentifikasi masalah yang layak dipecahkan,” kata Lorraine Twohill, kepala pemasaran di Google, “dan kemudian menemukan solusi baru.” Solusi yang diusulkan untuk masalah kuno inilah yang membuat pembuat konten masuk radar.

Biasakan mempertanyakan status quo dengan terus-menerus berperan sebagai pendukung iblis. Mengambil pandangan yang berlawanan dari sebuah konten mungkin sulit pada awalnya, tetapi jika Anda mulai mempertanyakan mengapa penulis berpikir seperti ini dan apa yang terjadi di industri yang memicu sudut pandang ini, Anda akan mulai berpikir lebih kritis tentang konten yang Anda buat. sedang mengkonsumsi. Dan jika Anda tidak tahu, pemikir kritis bisa menjadi pembuat konten yang hebat.

Ada banyak tekanan pada pembuat konten — dan setiap pemasar masuk, dalam hal ini — untuk menghasilkan konten hebat sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka. Ketahuilah bahwa menjadi pembuat konten yang sukses di mulai dengan kebiasaan yang Anda bentuk, karena mereka akan menyiapkan Anda untuk menghasilkan beberapa konten yang sangat berharga bagi audiens target Anda.

Berapa Pendapatan dan Gaji Konten Kreator?

Tidak perlu di ragukan lagi, soal gaji konten kreator di belakang layar atau influencer nya memiliki potensi pendapatan dan penghasilan yang sangat besar. Hal ini tergantung dari seberapa kreatif yang anda lakukan dan seberapa menarik konten bagi viewer atau fans nya.

Seperti dilansir dalam artikel berita Kompas baru baru ini, gaji konten kreatif Youtuber Indonesia tertinggi bisa mencapai Rp. 110 Miliar per tahun.

Pencipta digital dapat bekerja untuk diri mereka sendiri sebagai pekerja lepas atau dapat di pekerjakan baik secara internal atau sebagai bagian dari agensi yang lebih besar. Anda tidak memerlukan kualifikasi formal apa pun, tetapi memiliki gelar dalam pemasaran, bisnis, atau keterampilan khusus seperti fotografi atau produksi video dapat membantu saat mencari pekerjaan saat Anda memulai karir.

Penulis Konten, Youtuber atau Instagramer

Meski begitu, banyak YouTuber dan influencer media sosial memulai tanpa pengalaman, perlahan-lahan membangun audiens mereka dan menciptakan portofolio kerja yang kuat sebelum mereka mencapai posisi di mana penghasilan mereka memungkinkan mereka meninggalkan pekerjaan lain untuk mengejar pembuatan konten penuh waktu.

Pekerja lepas dan pembuat konten berpengalaman sering kali mendapatkan hingga enam digit untuk setiap proyek. Berpikir tentang bagaimana menjadi pembuat konten YouTube? Bukan hal yang aneh bagi individu untuk mendapatkan jutaan pendapatan dari video dan sponsor merek di platform ini, tetapi perlu waktu bertahun-tahun untuk mencapai pengembalian semacam ini. Untuk pembuat konten wiraswasta, langit benar-benar adalah batas dalam hal potensi penghasilan Anda, tetapi itu semua tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda lakukan dan ukuran audiens Anda.

Jika Anda masih mencoba memutuskan keterampilan mana yang akan di fokuskan untuk di kembangkan, lihat beberapa deskripsi pekerjaan pembuat konten yang berbeda. Ini akan memberi Anda gambaran tentang apa yang di cari perusahaan saat merekrut untuk posisi ini dan dapat membantu Anda menemukan celah dalam resume atau portofolio kreatif yang perlu Anda isi untuk menjadikan Anda kandidat yang lebih baik.

Platform mana pun yang Anda pilih, ada begitu banyak peluang di luar sana bagi Anda untuk membangun karier yang berkelanjutan dan kreatif sebagai konten kreator!

Penutup

Pada awalnya, menjadi konten kreator dapat menjadi sebuah tantangan. Akan tetapi ini adalah jalur karier yang menyenangkan terutama jika anda seorang yang kreatif. Pembuat konten dapat membuat konten tentang semua hal dengan media apa pun yang diinginkan – baik itu fotografi, videografi, atau blog. Tertarik? semoga artikel ini bisa mencerahkan. Hubungi ReeZh Design untuk jasa pembuatan website dan jasa seo yang Anda butuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.