Cara Install Laragon dan Operasional • ReeZh Design

Apa itu Laragon?

Sebelum anda mengetahui cara install Laragon, tentunya perlu terlebih dahulu berkenalan dengan aplikasi ini. Laragon adalah lingkungan pengembangan universal portabel, terisolasi, cepat & kuat untuk PHP, Node.js, Python, Java, Go, Ruby. Ini cepat, ringan, mudah digunakan dan mudah diperpanjang.

Bagaimana cara install Laragon

Berikut cara install Laragon dengan mudah tanpa ribet, alternatif terbaik dalam proses koding secara lokal di komputer Anda.

Download

Sebelum melakukan instalasi, terlebih dahulu anda harus melakukan proses download sumber aplikasi Laragon. Cara mudah install Laragon dimulai dengan membuka website, cukup download versi terbaru dan klik Next, Next, Next…

Fitur Aplikasi Laragon

URL Cantik

Anda di berikan kebebasan untuk merubah url projek sesuai keinginan, contoh: http://belajarkoding.test daripada http://localhost/belajarkoding.

Portabel

Berkas Laragon bisa anda pindahkan kemana saja (beda folder, komputer, laptop, dll) tanpa kendala.

Terpencil

Laragon memiliki lingkungan yang terisolasi dengan OS Anda – ini akan menjaga sistem Anda tetap bersih.

Operasional Mudah

Tidak seperti orang lain yang melakukan pra-konfigurasi untuk Anda, Laragon melakukan konfigurasi otomatis untuk semua hal yang rumit. Itu sebabnya Anda dapat menambahkan versi lain dari PHP, Python, Ruby, Java, Go, Apache, Nginx, MySQL, PostgreSQL, MongoDB,… dengan mudah.

Modern dan Kuat

Laragon hadir dengan arsitek modern yang cocok untuk membangun aplikasi web modern. Dengan begitu, Anda dapat bekerja dengan Apache & Nginx karena semuanya terkelola sepenuhnya.

Cara Install Laragon

Cara Menggunakan dan Operasional Laragon di Windows 10

Cara menggunakan Laragon di Windows 10 tentunya sangat mudah, klik tombol Start (logo Windows) dan cari dan klik ikon aplikasi Laragon. Berikut adalah cara operasional Laragon di sistem operasi Windows 10 :

Membuat Projek Baru di Laragon

Dalam membuat sebuah projek baru di Laragon, anda hanya tinggal klik tombol menu dan pilih sub menu Quick App. Pilihan projek di Laragon pun beragam, sudah tersedia seperti Blank (Kosong), WordPress, Laravel, dan lainnya.

Pada menu tersebut juga disediakan pilihan Clone ( duplikasi ) dari projek yang telah ada. Clone ini sangat bermanfaat jika anda ingin menduplikasi atau versioning dari projek yang telah dibuat.

Tampilan Dashboard Laragon

Setelah memilih tipe projek, masukkan judul nama projek yang anda inginkan.

Cara menambahkan projek baru di Laragon

Anda bisa memulai projek dengan menggunakan editor kode pada folder yang sesuai dengan nama projek yang telah anda buat.

Merubah preferensi Laragon

Anda bisa merubah preferensi dari Laragon dari opsi Umum, pilihan Layanan dan Port, serta merubah Virtual Hosts yang anda inginkan.

Merubah preferensi Laragon

Selain itu, Laragon juga menyediakan pilihan seperti penggunaan versi PHP sesuai kebutuhan. Anda tinggal melakukan proses instalasi tambahan pada menu sesuai petunjuknya.

Menambah versi PHP di Laragon

Demikian cara menggunakan Laragon di Windows 10, untuk sistem operasional lainnya seperti Mac dan Linux tentunya tidak akan jauh berbeda. Pastinya masih banyak opsi pilihan yang ditawarkan oleh Laragon yang tidak kami bahas pada artikel ini. Untuk lebih lengkap bisa kunjungi dokumentasi terkait tentang Laragon di websitenya.

Kesimpulan

Dengan adanya Laragon tentunya menjadi alternatif tersendiri bagi pengguna web server lokal seperti XAMPP atau IIS. Selain ringan, aplikasi bisa di jalankan secara manual atau autoload ketika perangkat komputer Anda melakukan proses restart. Bagi jasa pembuat website dan aplikasi tentunya proses pembuatan proyek akan sangat mudah, bikin di lokal dulu sebelum upload ke server hosting. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *