Landing Page Website • Meningkatkan Kecepatan Akses

Kecepatan landing page yang bagus, akan di sukai pengunjung dan cepat mendapatkan konversi atau tindakan. Audiensi tidak perlu berlama-lama berselancar di website Anda. Akan sesuai dengan tujuan agar produk atau layanan Anda bisa diketahui orang dan proses transfer informasi lebih cepat tercapai.

Namun ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika anda memutuskan untuk membuat sebuah halaman tujuan di website. Hal ini akan menentukan dengan tujuan Anda dalam penyampaian informasi atau ajakan membeli produk atau penawaran layanan.

Apa itu Landing Page Website?

Sebuah halaman tujuan atau landing page bertujuan untuk mendapatkan konversi tindakan dari iklan atau pranala yang telah anda lemparkan. Dengan begitu, pengunjung tidak perlu melihat website Anda secara keseluruhan, tetapi hanya akan fokus sesuai target.

Perbedaan Landing Page dan Website

Tidak banyak yang mengetahui perbedaan landing page dan website secara keseluruhan. Hal ini karena pemahaman yang salah selama ini bahwa halaman landing adalah sebuah website.

Landing Page

  1. Halaman Spesifik sesuai dengan Target.
  2. Berfungsi khusus, seperti untuk penawaran Produk, Layanan, Pengisian Formulir dan lainnya.
  3. Mengajak pengunjung untuk fokus dengan satu tujuan, mendapatkan informasi lebih lengkap.
  4. Call-to-Action atau mendapatkan konversi tindakan lebih lanjut dari iklan atau link yang disebar.

Website

  1. Berbagai halaman yang terangkum dalam satu situs dengan target yang beragam.
  2. Berfungsi secara umum, memberikan informasi secara lengkap dan terstruktur rapih.
  3. Menawarkan banyak pilihan untuk pengunjung dengan informasi yang beragam.
  4. Menjaring pengunjung agar betah berselancar atau berlama-lama di website yang anda miliki.

Contoh Halaman Landing yang Baik

Berikut adalah contoh halaman landing yang baik untuk anda, diantaranya harus memperhatikan dengan :

Tujuan

Tujuan dari sebuah landing page adalah sebagai konversi pengunjung ke penawaran yang dibuat oleh website. Konversi bisa berupa mendapatkan pembelian produk, pengisian formulir layanan, telepon langsung, subscribe mailing list, dan lainnya.

Target Pengunjung

Ketika pengunjung melihat halaman pada saat klik iklan atau media promosi Anda, maka sudah tercapai target khusus yang di inginkan. Jika pada alat Analisa pengunjung tidak sesuai dengan target pengunjung atau tidak ada konversi sama sekali, artinya tidak ada kesinambungan antara iklan dan isi halaman.

Konten Terfokus

Pengunjung sudah mengetahui selintas isi dari iklan dan hasil mesin pencari, perdalam isi halaman dengan informasi lengkap dan sesuai target Anda.

Pranala

Hindari penggunaan link atau pranala yang diluar konteks, hanya fokuskan pada pranala utama Anda untuk halaman tujuan yang ingin dicapai.

Menggunakan pranala yang terlalu banyak dan sama juga akan menghasilkan pengulangan yang tidak perlu.

Panggilan untuk Tindakan

Maksudnya adalah tindakan pengunjung website (Call to Action) harus di fasilitasi agar tujuan anda tercapai. Bentuknya bisa melalui tampilan formulir, tombol telepon atau whatsapp, tombol order produk, tombol unduhan dan lainnya. Pastikan halaman Anda memiliki bagian ini agar target konversi sesuai dengan keinginan.

Kecepatan Landing Page

Meningkatkan Kecepatan Landing Page Website

Banyak faktor yang bisa menjadi patokan untuk meningkatkan kecepatan landing page, apa saja?. Dimulai dengan pembuatan tampilan, penggunaan komponen konten halaman, minimalisir resource eksternal, pemeriksaan kode dan lainnya.

Pembuatan Landing Page

Membuat Tampilan dengan WordPress

Pembuatan tampilan halaman tujuan pada WordPress akan bergantung dengan tema dan plugin page builder yang tersimpan. Jika Anda memiliki tema yang mendukung untuk sebuah halaman tujuan, silahkan buat halaman tersebut sesuai dengan template yang tersedia. Akan tetapi, tidak semua tema mendukung hal tersebut. Anda memerlukan sebuah plugin page builder yang bisa mengatur tampilan dengan fasilitas dan tampilan yang di tawarkan.

Elementor adalah salah satu plugin page builder yang banyak di pakai saat ini. Selain mudah dan pengoperasiannya, banyak fasilitas dan komponen yang bisa anda gunakan. Tidak lepas dari plugin yang Anda gunakan tersebut adalah Gratis atau berbayar, hal ini sudah cukup representatif untuk digunakan.

Membuat Tampilan dengan HTML

Membuat landing page dengan HTML saat ini tidak banyak di ketahui oleh pemilik web secara umum. Akan tetapi, hal ini adalah salah satu cara membuat landing page yang bisa mengatasi masalah kecepatan. Kenapa bisa? karena halaman html tidak memerlukan plugin yang membutuhkan resource yang berlebihan.

Oleh karena itu, Anda hanya membutuhkan sebuah halaman html untuk setiap landing yang di inginkan. Anda tinggal memulai membuat tampilan sebagus mungkin dan sesuai dengan tujuan. Pastikan tidak terlalu banyak menggunakan komponen yang berat dalam pengaksesan.

Cek Kecepatan Landing Page

Pagespeed Insights

Ketika pembuatan tampilan sudah selesai di lakukan, lebih baik lakukan pemeriksaan dengan cek kecepatan landing page anda. Berikut adalah beberapa alat yang sering terpakai untuk itu :

1. Google Mobile Friendly

Alat seperti Google Mobile Friendy akan memeriksa kelolosan tampilan halaman di perangkat mobile. Perlu di ingat, calon audiensi atau pengunjung akan menggunakan handphone untuk menampilkan halaman. Pastikan harus sesuai dan lolos dengan test perangkat ini.

2. Pagespeed Insights

Alat Pagespeed Insights akan memeriksa dan melaporkan kinerja halaman pada perangkat seluler dan desktop. Anda akan mendapatkan saran tentang cara meningkatkan halaman tersebut. Hal ini akan berguna bagi Anda untuk menentukan permasalahan dan solusi yang harus di lakukan.

Solusi Perbaikan Masalah

KecepatanStatusSolusi
dibawah < 1 detikSempurnaTidak perlu
1 s/d 3 detikBagusMasih belum puas?
3 s/d 5 detikStandar Rata – RataSudah sama dengan website lainnya
diatas 5 detikBurukAnda perlu fokus untuk perbaikan

Pastikan anda memperbaiki jika pada proses cek kecepatan anda mendapatkan informasi masalah dan kesalahan yang harus di selesaikan. Masalah yang menghambat bisa beragam, tergantung dari informasi masalah yang anda dapatkan.

Apabila masalah terdeteksi dengan tampilan yang tidak sesuai Web Vitals dari Google maka solusinya di selesaikan sesuai dengan bagian yang terdeteksi. Hal ini bisa kompleks tergantung dari tampilan halaman, plugin yang di gunakan, eksternal link, penggunaan server, kecepatan akses internet dan lainnya.

Baca juga: Meningkatkan kecepatan website WordPress

Konsultasikan dengan pihak yang mengerti, karena bisa jadi Anda akan terbentur dengan solusi kurang Anda ketahui secara umum. Proses ini bisa di katakan juga dengan tindakan Optimasi Website secara internal. Perlu analisa menyeluruh, perbaikan tampilan, atau pun bisa jadi harus melakukan re-design website dan upgrade layanan hosting.

Jasa Pembuatan Landing Page

Jika Anda tidak tahu cara yang telah di terangkan, lebih baik menghubungi jasa pembuatan landing page yang kredibel dan mengerti. Pembuatan halaman tidak hanya dari sisi tampilan, tapi harus di perhatikan juga dari sisi User Experience nya. Anda tentunya tidak ingin bila halaman landing page tidak mendapatkan Lead atau Call to Action hanya karena tampilan dan kecepatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.