Toko online katalog adalah alternatif lain dari sebuah website yang menampilkan produk – produk dalam bentuk katalog barang. Kebutuhan untuk website toko online saat ini banyak dibutuhkan oleh pelaku bisnis baik pemula sampai dengan perusahaan besar.

Hal ini bisa dilihat dengan bermunculannya startup, marketplace, dan website perusahaan yang menawarkan penjualan produknya melalui website sendiri.

Kenapa menampilan Toko Online menjadi Katalog

Ada beberapa website yang hanya menampilkan produk – produknya dalam bentuk katalog. Tentu hal ini menjadi pertimbangan bagi mereka tidak melakukan proses jual beli langsung di website.

Pertimbangan membuat website toko online katalog :

  1. Proses Jual Beli dilakukan ditempat lain
  2. Kebijakan dengan Vendor atau Sub Penjualan
  3. Mempersingkat Alur Jual Beli
  4. Kekurangan sumber daya manusia

Membuat Toko Online Katalog dengan WooCommerce

Membuat toko katalog online sangatlah mudah jika anda mengetahui caranya. Langkah awal adalah membuat sebuah website yang support untuk berjualan online.

Anda bisa menghubungi jasa pembuatan website jika kurang mengetahui cara menyiapkan situs internet yang bisa menampilkan profil usaha dan produk – produk yang akan ditawarkan kepada konsumen.

Sistem Manajemen Konten WordPress

Saat ini WordPress menjadi sebuah sistem manajemen konten terpopuler yang banyak digunakan untuk membangun sebuah website. Anda bisa melihat sesuai statistik penggunaannya di w3techs.

Pengguna WordPress sebesar 36.1% dengan marketshare sebesar 63.3%. Hal ini tentu bisa dipastikan bahwa banyak yang menggunakan serta paling potensial untuk meraih pasar pengguna internet.

Toko Katalog Online dengan WooCommerce

Membuat sebuah website WordPress menjadi website toko online dibutuhkan ekstensi tambahan seperti plugin WooCommerce. Ekstensi ini sangat populer digunakan karena kemudahan dalam operasional dan fasilitasnya.

Pastikan website anda mendukung untuk menjadi sebuah website toko online, karena WooCommerce memerlukan fasilitas server untuk penyimpanan data dan prosesing yang mendukung.

Beritahukan sebelumnya kepada pihak jasa website sebelum anda menggunakan jasa pembuatan website bahwa anda memerlukan sebuah website yang mendukung toko online. Jangan sampai anda terpatok dengan biaya murah namun tidak bisa mendapatkan sebuah website yang optimal untuk penjualan anda.

Menggunakan plugin Yith WooCommerce Catalog Mode

Menjadikan toko online anda sebagai sebuah katalog produk, cukup dengan menggunakan ekstensi tambahan yaitu plugin Yith WooCommerce Catalog Mode.

Plugin ini sangat mudah dan ringan, sehingga menjadikan toko online woocommerce anda bisa berubah menjadi sebuah website katalog produk.

Fasilitas plugin :

  1. Merubah toko online menjadi katalog online
  2. Menyembunyikan tombol pembelian pada produk
  3. Menampilkan tombol pembelian untuk pengguna terdaftar saja (Premium)
  4. Menampilkan tombol alternatif lain untuk kontak (Premium)
  5. Menyembunyikan halaman checkout

Fasilitas plugin yang gratis tentu tidak akan semaksimal dari plugin berbayar, namun hal ini cukup untuk merepresentasikan website katalog produk anda.

Kesimpulan

Menginginkan sesuatu tentu perlu proses, dan harus dijalankan agar dapat meraihnya. Jika keinginan anda begitu kuat, tentu akan memulainya dari sekarang.

Selamat mencoba

Penulis : Arissandi

Web Designer from Bandung, Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *